Alamat
Grha RUN System
Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233
Representative Office
Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190
Berbagai cara promosi dan pemasaran bisa dilakukan sebuah perusahaan untuk menjangkau calon pembeli yang dianggap potensial. Salah satu caranya adalah dengan surat penawaran barang yang dikirimkan. Cara ini awam digunakan pada pemasaran B2B, atau transaksi antar perusahaan.
Namun tahukah Anda apa yang dimaksud dengan surat penawaran barang ini?
Artikel ini, secara jelas akan mengulas seluk-beluk berkas tersebut dalam transaksi antar perusahaan. Dengan demikian diharapkan ada pemahaman baru yang diperoleh, dan dapat membantu perusahaan Anda dalam menjalin kerjasama atau transaksi dengan perusahaan lain.
Baca Juga: Urusan Pemberkasan Transaksi Bisnis, Invoice Pembayaran, Penjualan, dan Tagihan Bisnis
Surat penawaran barang merupakan berkas yang memiliki fungsi sebagai perantara saat suatu kerjasama akan dilakukan. Termasuk dalam salah satu media promosi yang dimiliki perusahaan, surat ini dikirimkan dengan tujuan menawarkan barang yang dimiliki pada calon pembeli yang ada di pasar.
Surat ini dapat dikirimkan sebagai respon atas permintaan penawaran yang dilakukan oleh calon pembeli, atau sebagai langkah pertama dalam menjalin kerjasama. Pada dasarnya, isi dari surat tersebut adalah detail produk dan harga serta kemampuan perusahaan dalam menyediakan produk dalam waktu, jumlah, dan harga yang disepakati.
Jika dilihat secara praktis terdapat setidaknya 7 fungsi dari berkas ini. Secara singkat berikut poinnya.
Cukup jelas fungsi dari berkas atau surat ini secara praktis bukan? Jadi pada dasarnya, surat penawaran barang bisa dikirimkan pada siapa saja yang dianggap merupakan calon pembeli potensial, atau pihak-pihak yang secara langsung meminta penawaran dari perusahaan Anda melalui berbagai kanal.
Terdapat begitu banyak format surat penawaran yang bisa digunakan oleh perusahaan Anda, tergantung pada siapa surat ini dikirimkan dan produk apa yang Anda miliki. Namun secara mendasar ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar surat penawaran barang yang Anda susun benar dan efektif.
Berikut cara menyusun berkas ini agar bisa mendatangkan calon pembeli potensial untuk kemudian membeli barang di perusahaan Anda.
Untuk format umumnya sendiri, berkas ini akan tersusun dari 5 bagian utama. Pertama kop surat, kemudian kepala surat, pembukaan, isi pokok surat, dan bagian penutup.
Berisi informasi mengenai perusahaan Anda, selaku pemberi penawaran, yang materinya adalah nama perusahaan, alamat perusahaan, serta kontak yang bisa dihubungi oleh calon pembeli.
Bagian ini akan terdiri dari tanggal pembuatan surat, nomor surat, jumlah lampiran, perihal, serta alamat tujuan dari surat atau pihak penerima surat yang dikirim.
Bagian ini akan berisi kalimat pembuka dengan salam, kemudian dilanjutkan penjelasan singkat terkait alasan serta tujuan pengiriman surat penawaran barang tersebut. Sampaikan dengan ringkas dan jelas.
Bagian ini secara jelas memuat detail terkait produk dan harga yang ditawarkan pada calon pembeli. Sertai dengan keterangan tambahan seperti brosur atau katalog, surat resmi, sertifikat produk, dan sejenisnya di lampiran yang dicantumkan.
Bagian terakhir berisi tentang himbauan atau harapan agar calon pembeli menjadi semakin tertarik dalam menjalin kerjasama dengan perusahaan Anda.
Berikut contoh atau ilustrasi surat penawaran barang yang bisa Anda gunakan sebagai acuan.
Untuk contohnya sendiri bisa Anda lihat di bawah ini.
Baca Juga: 4 Fungsi dan Contoh Surat Jalan Barang yang Bisa Digunakan
Itu tadi ulasan lengkap terkait surat penawaran barang yang bisa diberikan dalam artikel singkat ini. Tentu, ilustrasi yang diberikan hanya sekedar contoh saja, dan tidak bersifat mutlak harus digunakan. Pastikan sesuai dengan kondisi perusahaan Anda, dan produk yang Anda miliki.
R1, hadir sebagai partner bisnis yang bisa diandalkan. Dengan produk Procurement Management, Anda bisa dengan mudah mengelola pengiriman surat penawaran barang pada calon klien baru atau klien lama yang telah menjadi langganan. Prosesnya mudah, formatnya lugas, dan efektif untuk menjadi media promosi. R1 selalu menyediakan solusi untuk berbagai kebutuhan perusahaan Anda, dan akan selalu menjadi opsi terbaik untuk mendukung perkembangan bisnis yang Anda jalankan!