Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

sistem-erp

Pengertian Sistem ERP dan 4  Keunggulannya untuk Bisnis Anda

Selain memiliki sumber daya dan teknologi canggih dalam urusan produksi, perusahaan juga wajib memiliki sistem kuat dalam pengelolaan sumber daya yang dimilikinya. Sistem ERP atau Enterprise resource planning menjadi satu sistem ideal yang digunakan, karena mampu memberikan kemudahan manajemen seluruh sumber daya yang ada di dalam perusahaan.

Secara singkat, artikel ini akan berisi mengenai pengertian sistem ERP, keunggulan yang ditawarkan dari sistem ini, hingga optimasi yang bisa Anda dapatkan ketika sistem tersebut diintegrasikan dengan perusahaan Anda. Selengkapnya, Anda bisa simak di bawah ini.

Memahami Sistem ERP dalam Pengelolaan Perusahaan

sistem erp
Sumber : freepik.com

Sistem ERP merupakan sebuah sistem yang dapat membantu perusahaan mengelola perencanaan sumber daya manusia, inventaris yang dimiliki, logistik, sumber modal, dan berbagai hal lain yang terkait dengan pengelolaan perusahaan secara umum.

Pada prakteknya, penggunaan sistem ERP ini akan diintegrasikan dengan data yang dimiliki perusahaan. Setiap orang yang memiliki akses bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk pekerjaannya, sehingga hambatan terkait prosedural bisa dipangkas secara masif.

Tentu, pemanfaatan data dan informasi dalam direktori sistem ini akan terpantau dengan baik oleh manajerial dan pihak yang memiliki posisi tinggi, untuk memastikan tidak ada penyalahgunaan data milik perusahaan yang bersifat rahasia dan strategis.

Baca Juga : Memahami Strategi Pemasaran dan Daftar Singkat Cara Paling Efektif Penerapannya

Empat Keunggulan Sistem ERP untuk Perusahaan

sistem erp
Sumber : freepik.com

Penggunaan layanan atau sistem ERP ini sendiri jelas memiliki keunggulan yang dapat dinikmati oleh perusahaan secara langsung. Secara singkat, setidaknya terdapat empat keunggulan penggunaan sistem ini dalam mengelola perusahaan.

1. Memiliki Data Bisnis yang Terintegrasi

Pemanfaatan ERP dalam perusahaan mampu memberikan akurasi data yang tinggi, sebab setiap divisi atau bagian akan terintegrasi satu dengan yang lain. Hal ini memungkinkan Anda, sebagai pemilik atau pengelola perusahaan, bisa melihat secara aktual bagaimana perusahaan Anda beroperasi.

Setiap data penting bisa dimanfaatkan dengan optimal, dengan jaminan kebaruan data yang tinggi. Apapun update yang dibuat terkait data semua akan tampak jelas, sehingga akurasi data yang dimiliki bisa diandalkan.

2. Dasar Pengambilan Keputusan

Terkait dengan poin pertama tadi, jelas Anda akan memiliki bahan pertimbangan terbaik dalam pengambilan keputusan. Berbagai keputusan harus dilakukan dalam menyikapi keadaan pasar dan perusahaan. Tanpa data yang akurat dan terkini, keputusan ini akan menjadi kurang relevan.

Berangkat dari basis data atau informasi yang handal, Anda bisa menyusun pertimbangan dan perencanaan yang lebih baik untuk saat ini atau masa depan.

3. Efisiensi dan Produktivitas

Proses bisnis yang terhambat akibat kendala teknis tentu akan membuat performa perusahaan Anda menurun. Dengan optimalisasi ERP, Anda bisa memaksimalkan efisiensi dan produktivitas perusahaan secara langsung, sebab banyak hal bisa ditingkatkan.

Pengelolaan data dengan eliminasi data duplikat, biaya proses bisnis, mempersingkat waktu berbagai urusan, semua bisa dilakukan dengan pemanfaatan sistem ERP ini.

4. Standarisasi Sistem, Membantu Perusahaan Berkembang

Dengan sistem internal yang sudah matang dan solid, maka effort perusahaan dapat dimaksimalkan pada titik pengembangan dan peningkatan produk demi kepuasan pelanggan. Dengan begini, perusahaan bisa terus bergerak maju tanpa ada hambatan dari sisi internal.

R1 dari RUN System, Solusi Terbaik bagi Bisnis Anda

sistem erp

R1 menjadi salah satu produk sistem ERP yang dapat membantu Anda mengoptimalkan kinerja internal perusahaan. Dengan layanan R1, Anda bisa mendapatkan setiap keunggulan yang disebutkan di poin sebelumnya.

R1 sendiri setidaknya memiliki 5 modul andalan yang bisa membantu pengelolaan bisnis Anda. Lebih detail, berikut penjelasannya.

Inventory & Material Management

Urusan pengelolaan dan penyimpanan data material, inventaris harga, transaksi, serta pencatatan persediaan barang & jasa milik perusahaan akan terfasilitasi oleh submodul ini. Dengan warehouse management system, inventory management, serta material management, semua urusan terkait pergudangan dan stok barang bisa dikelola dengan akurat dan efektif.

Procurement Management

Membantu meningkatkan kontrol pengadaan barang dan jasa, fleksibilitas, dan kemudahan untuk mencapai tujuan perusahaan dalam rangka optimalisasi produksi. submodul andalan dalam modul ini adalah vendor management system dan purchasing management. Keduanya secara praktis akan membantu perusahaan Anda dalam mengelola sistem pengadaan barang.

Sales & Distribution Management

Modul ini akan menangani semua proses pemasaran dan segmentasi pasar hingga mengkonversinya ke pendapatan penjualan akhir. Sales management dan distribution management jadi submodul andalan pada modul ini, untuk membantu pengelolaan bagian sales dan distribution.

Financial Management

Pengelolaan manajemen finansial perusahaan dalam setiap proses bisnis bisa dilakukan secara optimal, sehingga tidak ada halangan teknis atau prosedural dalam urusan keuangan. Modul ini menyediakan tiga submodul andalan, cash flow management, account payable, dan account receivable.

Account Management

Mengelola aktivitas akuntansi perusahaan dalam setiap proses bisnis yang dijalankan. Nantinya aktivitas Anda akan banyak terbantu dengan enterprise accounting dan financial reporting, sehingga urusan ini bisa dioptimalkan proses serta hasilnya.

Baca Juga : 7 Tahapan dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa, Berikut Penjelasannya! 

ERP system adalah satu perangkat yang sangat berguna untuk digunakan dalam pengelolaan perusahaan. Maka dari itu R1 memberikan effort terbaiknya untuk dapat mengoptimalkan pengelolaan bisnis yang Anda miliki, dengan modul-modul andalan di atas. Segera gunakan layanan R1, dan optimalkan pengelolaan bisnis Anda sekarang juga!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo