Alamat
Grha RUN System
Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233
Representative Office
Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190
Jika Anda berprofesi sebagai pengusaha yang bergerak dalam bidang penjualan barang. Pastinya Anda akan merasa familiar dengan format sales order (SO) atau order penjualan.
Sales order adalah dokumen yang diterbitkan penjual dan berisi rincian produk atau jasa yang dipesan oleh pembeli lewat purchase order. Dokumen SO umumnya adalah lanjutan dari dokumen quotation yang sebelumnya dikirimkan penjual ke calon pembeli.
Lantas apa saja manfaat dari Sales order? Bagaimana proses menyusunnya? Apa saja yang perlu dicantumkan? Mari kita simak ulasan di bawah ini.
Sumber: Freepik
Penerbitan sales order pada dasarnya bertujuan untuk memastikan penjualan. Berikut ini rangkuman manfaat SO bagi kegiatan bisnis:
Sumber: Freepik
Bertujuan untuk memastikan penjualan, SO harus mencantumkan berbagai rincian yang berhubungan dengan penjualan, antara lain:
Perbedaan paling signifikan antara SO dan purchase order adalah di mana dokumen dibuat. SO adalah dokumen internal yang dibuat oleh vendor untuk pelanggan. Purchase order adalah kebalikannya. Keduanya adalah dokumen penjualan yang disiapkan oleh pelanggan sebagai kontrak niat yang mengikat secara hukum untuk vendor.
Sales order dikeluarkan setelah purchase order untuk mengonfirmasi bahwa vendor menerima persyaratan yang ditetapkan dalam pesanan pembelian. Jika persyaratan tidak disetujui, negosiasi lebih lanjut dapat dilakukan sebelum SO akhir dikirim dan diterima. Proses purchase order dapat membantu usaha kecil melacak persediaan dan harga pokok penjualan secara akurat.
Baca Juga: Pebisnis Wajib Paham! Bidang Sales dan Seluruh Serba-serbinya!
Saat memetakan proses sales order, Anda juga harus mempertimbangkan perjalanan pelanggan yang dilakukan klien Anda saat membeli produk atau layanan Anda. Memetakan perjalanan pelanggan dan mempertimbangkan proses di bawah ini akan membantu Anda mengoptimalkan pengalaman pelanggan dan meningkatkan kualitas layanan Anda. Pertimbangkan untuk menggunakan templat peta perjalanan klien untuk melakukan tugas ini.
Seluruh proses purchase order memang dapat dilakukan secara manual, namun menggunakan otomatisasi akan menghasilkan sales order lebih cepat. Otomatisasi SO dapat menyederhanakan tugas yang memakan waktu untuk mengisi informasi secara manual di seluruh dokumen penjualan. Otomatisasi memastikan dokumen lengkap dan sesuai dengan pesanan pembelian.
R1 adalah salah satu platform digital yang menyediakan fitur sales & distributor management akan memudahkan otomatisasi SO perusahaan Anda. Adapun kelebihan dari penggunaan otomatisasi Sales order R1 secara umum adalah:
Mengisi dokumen dan memastikan akurasi adalah hal otomatis yang bisa Anda hasilkan jika memakai software R1. Hal ini tentunya akan membuat Anda memiliki waktu untuk tugas lain yang lebih mendesak, seperti layanan pelanggan. Mengotomatiskan entri data ini menghemat waktu dan mengurangi kesalahan apa pun yang dibuat dalam dokumentasi.
Karena waktu yang Anda gunakan sudah sangat efisien dengan adanya otomatisasi SO maka sekarang Anda memiliki banyak waktu untuk fokus pada pelayanan SO bagi customer Anda. Mereka juga akan menerima SO mereka lebih cepat dan dengan akurasi yang meningkat. Semakin cepat proses ini bisa terjadi, semakin cepat mereka bisa mendapatkan produk mereka.
Jika penjualan Anda dipengaruhi oleh musim atau faktor lain, Anda mungkin mengalami masa sibuk yang diikuti oleh jeda. Mengotomatiskan proses sales order melalui R1 dapat membantu mengingatkan Anda tentang kebutuhan untuk mengisi kembali produk atau meningkatkan kehadiran staf saat Anda mengalami lonjakan penjualan. Platform digital R1 akan memberitahu Anda lebih cepat tentang perlunya memesan ulang atau mempekerjakan karyawan sementara di departemen tertentu, seperti penjualan atau pengiriman.
Otomatisasi juga akan memberi Anda peringatan lanjutan tentang penurunan penjualan. Semakin cepat Anda mengetahui adanya jeda dalam aktivitas penjualan, semakin cepat Anda dapat menyusun rencana untuk menarik pelanggan kembali.
Saat ini orang-orang memiliki fleksibilitas untuk bekerja dari jarak jauh. Memiliki otomatisasi memungkinkan Anda untuk memproses data sales order dari mana saja, membebaskan Anda dari keharusan berada di gudang. Anda juga dapat memberikan dukungan pelanggan dan melacak inventaris dari mana saja.
Masih berpikir dua kali untuk meningkatkan kualitas otomatisasi sales order Anda bersama R1? Segera gunakan R1 sekarang juga!