Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

quality assurance

Apa Itu Quality Assurance, Tugas, dan 3 Skill yang Dibutuhkan

Kebutuhan perusahaan akan quality assurance adalah hal vital bagi bisnis. Sebab, sebagian besar perusahaan telah mengembangkan sistem digital untuk meningkatkan inovasi. Salah satu bentuk sistem tersebut adalah kehadiran aplikasi. Maka dari itu, untuk mengetahui aplikasi tersebut berfungsi atau tidak, kebutuhan quality assurance sangat berarti. 

Lalu, siapakah yang layak menjadi quality assurance? Ia adalah seseorang yang bertugas untuk mencoba, menguji, menyeleksi hingga memahami seluk beluk tentang sistem dan dunia digital. Kemudian, apa saja tugasnya? 

Untuk mengetahui lebih dalam, Anda perlu memahami apa itu quality assurance, tugas dan tanggung jawab, serta skill yang dibutuhkan. 

Quality Assurance adalah Hal Penting bagi Bisnis, Ini Penjelasannya

Sumber: pexels.com

Secara garis besar, quality assurance adalah seseorang atau mereka yang mempunyai tugas untuk menguji dan memberi kelayakan software. Apakah software tersebut berguna dan dapat diterapkan oleh sebuah perusahaan. Mengapa tugas mereka menjadi penting?

Saat pengembang software telah menuntaskan pekerjaannya maka perlu diuji terlebih dahulu oleh pihak yang berkompeten. Sebab, cek secara dini sangat perlu. Maka, akan menjadi sesuatu yang sia-sia apabila hasil pekerjaannya memiliki bug, freeze, bahkan tidak bisa berkolaborasi dengan sistem operasi lainnya. 

Oleh karena itu, mereka memastikan dengan benar bahwa software dapat berfungsi. Jika ada kendala pun, mampu mengetahui serta memberi penjelasan terkait kendalanya secara detail. Sehingga, penting bagi sebuah perusahaan memiliki quality assurance. Entah itu hanya satu orang atau satu divisi.   

Manfaat Quality Assurance

Apabila sebuah perusahaan mempunyai quality assurance maka ada banyak manfaat yang didapatkannya yaitu:

Sumber: freepik.com

1. Fokus Kualitas

Kualitas produk adalah hal penting dalam setiap bisnis. Oleh karena itu, agar bisa bersaing menghadapi kompetitor, software bisnis harus memiliki kualitas yang mumpuni. Untuk mengetahui kelayakan software maka tugas dari quality assurance sangat dibutuhkan.

2. Mampu Memahami Kebutuhan Masa Kini

Dari era ke era pasti akan ada perkembangan dalam bisnis. Entah itu dari prosedur, sistem menjadi online, atau kemasan produk yang inovatif. Maka dari itu, penting untuk mengetahui tren terkini yang seharusnya diperhatikan oleh semua karyawan di perusahaan. 

3. Kepuasan Konsumen

Hal penting lainnya bagi perusahaan adalah menjaga kepuasan konsumen. Maka dari itu, perusahaan juga perlu menjaga kualitas produk. Untuk menjaga serta mengelolanya, kebutuhan akan quality ini benar-benar penting.

4. Meminimalisir Biaya

Hal seperti ini harus diakui sangat diinginkan oleh perusahaan yaitu mendapatkan software bagus, tapi dengan biaya produksi yang hemat. Kehadiran quality ini merupakan sebuah solusi. Mereka mampu mengupayakan kualitas software sehingga biaya produksi dapat dikelola dengan bijak. 

Tugas dan Tanggung Jawab Quality Assurance

Setelah mengetahui apa saja manfaatnya, Anda perlu memahami tugas-tugas yang dilakukan olehnya. Berikut ini tugasnya.

1. Mengelola Standar Prosedur

Untuk mengecek sebuah software pasti ada prosedur yang berlaku. Prosedur tersebut yang kemudian menjadi panduan. Oleh karena itu, agar tidak salah langkah dalam mengecek software, quality iniperlu untuk membuat, mengolah, dan mengujinya dalam bentuk demo di dalam perusahaan. 

2. Memastikan Aturan

Ketika ingin menjalankan proses pengecekan software, regulasi penting untuk ditegakkan. Sehingga, apa pun yang sedang dijalankan harus sesuai dengan protokol yang berlaku. Jika tidak, akan menjadi bumerang bagi perusahaan.

3. Pengembangan Kapasitas Individu

Dalam setiap perusahaan pasti ada regenerasi atau peremajaan karyawan. Hal ini dilakukan agar perusahaan mendapatkan energi baru dalam berkreasi. Maka dari itu, agar sesuai standar yang berlaku, perusahaan perlu melakukan capacity building. Selain memastikan kualitas software, juga untuk mengenali potensi diri dari setiap individu.

4. Kontrol Kualitas

Hal ini yang sebenarnya menjadi alasan mengapa quality assurance perlu ada dalam perusahaan. Sebab, hanya mereka lah yang mampu memastikan bahwa kualitas software sesuai dengan syarat dan ketentuan. Mereka akan mengawasi dan memberikan rekomendasi sebagai tindakan kontrol, korektif, dan preventif. 

Skill Quality Assurance

Ada hal-hal yang harus dimiliki oleh spesialis jaminan kualitas sebelum memasuki perusahaan. Misal, pengalaman dalam bidang inovasi software. Namun, apa saja skill yang harus dikuasai?

1. Paham Data

Spesialis jaminan kualitas harus memahami data yang dimiliki oleh perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangannya. Dari situ, mereka bisa menelaah dan menelisik lebih lanjut sehingga menemukan yang rusak dan tahan lama. Oleh karena itu, mampu menginterpretasi data menjadi skill yang perlu dikuasai spesialis jaminan kualitas.

2. Manajemen Proyek

Mampu mengorganisir proyek menjadi skill tersendiri yang harus dimiliki quality assurance. Sebab, perusahaan pasti memiliki banyak proyek. Maka, dari setiap proyek pun ada yang menjadi kebutuhan prioritas. Ketika mampu memilahnya dengan baik, brand image perusahaan akan tetap terjaga. 

3. Paham akan Produk 

Satu skill yang wajib dimiliki oleh quality assurance adalah mampu memahami software dari perusahaan. Sebab, ia harus mengetahui seluk beluk produk. Mana yang menjadi kekurangan dan kelebihan. 

Jika sebuah perusahaan memiliki quality assurance, kualitas dari sebuah software pasti terjaga. Sebab, mereka paham apa yang harus dikerjakannya. 

Setelah memahami apa manfaat, tugas dan tanggung jawab serta skill dalam quality assurance maka terapkanlah pada bisnis. R1 dari RUN System mampu meningkatkan kontrol pengadaan, fleksibilitas, dan kemudahan untuk mencapai tujuan perusahaan. Melalui procurement management, kehadiran portal vendor akan memudahkan akses monitoring dan verifikasi dalam pemilihan vendor. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo