Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

modul ERP untuk Bisnis

5 Modul ERP untuk Bisnis yang Tersedia di R1

Ketika perusahaan melakukan bisnis, ada kalanya dalam setiap periode mengalami hambatan dan tantangan. Ada banyak tantangan yang dapat dihadapinya seperti loyalitas konsumen berkurang, target pasar bergeser, hingga gagalnya mencapai visi dan misi perusahaan. Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk mempelajari modul ERP untuk bisnis.

Mengapa harus ERP? Sebab, sistem ERP lah yang mampu mengelola bisnis baik itu perusahaan dengan skala kecil, menengah, atau besar. Namun demikian, ada banyak jenis ERP di Indonesia. Oleh karena itu, Anda perlu jeli dalam memilih, khususnya modul ERP untuk bisnis. 

Untuk mengetahui lebih jauh, artikel di bawah ini mengulas tuntas mengenai apa itu sistem ERP, macam-macam modul ERP untuk bisnis, dan kebutuhan modul ERP untuk bisnis. Selain itu, informasi mengenai alasan mengapa perusahaan harus memilih R1 sebagai penyedia ERP. Simak selengkapnya di sini.

Apa Itu Sistem ERP

Secara garis besar, sistem ERP adalah sistem perangkat lunak yang mampu mengelola bisnis dengan lebih baik dan lebih efektif. Sistem ini mampu mengintegrasikan bisnis dari satu bagian ke bagian yang lain. Maka dari itu, sistem ERP dapat dikatakan sebagai perencanaan sumber daya. 

Ketika perusahaan mampu menerapkan sistem ERP maka banyak keuntungan yang diperoleh. Salah satunya adalah memudahkan pengguna untuk mengelola seluruh bisnis hanya dalam satu interface. Oleh karenanya, memudahkan pula untuk setiap divisi di perusahaan sharing informasi secara menyeluruh. 

Sistem ERP memiliki banyak fitur yang di antaranya human resource management, inventory turnover, mengelola laporan stok barang, inventory management, hingga supply chain management. Maka dari itu, ERP mampu menjangkaunya dengan baik seperti divisi keuangan dengan human resource.

Modul-modul ERP untuk Bisnis 

Sistem ERP memiliki banyak modul yang dapat diimplementasikan ke dalam bisnis, antara lain: 

1. Inventory Material and Management

Kehadiran modul yang pertama membuat perusahaan lebih mudah untuk mengelola dan menyimpan data material, inventaris harga, transaksi, serta pencatatan persediaan barang dan jasa perusahaan. Dalam modul tersebut, tersedia pula sub-modul seperti warehouse management, inventory management, dan material management.

2. Procurement Management

Untuk modul yang kedua, perusahaan dapat meningkatkan kontrol pengadaan, fleksibilitas, serta berbagai kemudahan dalam mencapai tujuan perusahaan. Ada beberapa sub-modul yang dapat Anda gunakan ke dalam bisnis di antaranya: vendor management system dan purchasing management

3. Sales and Distribution Management

Di modul yang ketiga, perusahaan Anda bisa menangani seluruh proses pemasaran dan mengetahui target pemasaran sehingga bisa mengkonversinya menjadi pendapatan penjualan. Dalam modul ini terdapat dua sub-modul yaitu sales management dan distribution management.

4. Financial Management

Dalam modul yang keempat, melalui financial management, perusahaan bisa mengelola manajemen finansial perusahaan setiap proses bisnis. Ada tiga sub-modul yang melingkupi modul keempat ini yaitu: cash flow management, account payable, dan account receivable

5. Accounting Management

Di modul yang terakhir, perusahaan Anda bisa mengelola aktivitas akuntansi perusahaan dalam setiap proses bisnis. Dalam modul ini, tersedia dua sub-modul yang di antaranya adalah enterprise accounting dan financial reporting

Modul-modul ERP di atas adalah modul ERP untuk bisnis yang tersedia di dalam R1. Sebagai penyedia software ERP terbaik di Indonesia, R1 mampu membantu meningkatkan produktivitas perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memilih R1 sebagai penyedia ERP

Alasan Perusahaan Memilih R1 sebagai Penyedia ERP

penyedia ERP

Sumber: pinterest.com

Dengan menggunakan R1, perusahaan akan lebih cepat dan mudah untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Maka dari itu, inilah lima alasan mengapa sebaiknya perusahaan memilih R1 sebagai penyedia ERP yaitu:

1. Mengelola Performa Perusahaan Lebih Baik

Data masuk dan keluar selalu hadir setiap hari. Maka, untuk memantau lalu lintas data tersebut, R1 mampu mengelolanya secara real time sehingga aktivitas perusahaan bisa lebih cepat dan lebih baik.

2. Built-in Reporting

Setelah mengumpulkan dan mengolah data menjadi data yang utuh maka perlu penyajian yang rapi agar mudah dibaca. R1 mampu menyediakannya sehingga perusahaan mudah membaca data tersebut.

3. Pencatatan Terintegrasi

Seluruh pencatatan yang tersedia di dalam data dapat disusun dengan rapi sehingga bisa terintegrasi produktivitas bisnis perusahaan. 

4. Tanpa Initial Investment

Kemudahan aplikasi berbasis cloud dengan sistem subscription memudahkan Anda untuk memiliki sistem tanpa investasi biaya yang besar. Tentu saja ini hal yang baik bagi perusahaan. 

5. Standardized

Adapun aliran proses bisnis telah terstandarisasi dengan best practice di multi industri sehingga perusahaan dapat dengan mudah meningkatkan produktivitas.

Dengan memahami keseluruhan sistem ERP di dalam R1 maka perusahaan Anda akan lebih mudah dalam meningkatkan produktivitas bisnis. Terapkan R1 di perusahaan Anda dan manfaatkan free trial untuk mendapatkan pengalaman menggunakan R1. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo