Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

modal kerja adalah

Serba-serbi tentang Modal Kerja untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Memiliki sistem keuangan yang sehat menjadi salah satu dasar bagi sebuah perusahaan untuk tumbuh dan berkembang. Arus modal yang lancar, alokasi yang cermat dan terukur, dapat memberikan output signifikan pada perusahaan. Modal kerja adalah salah satu faktor yang tidak mungkin lepas dari bahasan ini.

Sebagian besar dari Anda mungkin memahami modal kerja sebagai dana yang digunakan untuk membeli bahan produksi atau menjalankan operasional perusahaan dari awal. Namun demikian, pemahaman modal kerja ternyata lebih luas, dan mencakup ranah yang lebih besar.

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Strategi Penetapan Harga dan Variabel Pertimbangannya

Memahami Apa Itu Modal Kerja

modal kerja adalahq
Sumber: freepik.com

modal kerja adalah variabel keuangan yang dimiliki oleh perusahaan, dengan mempertimbangkan jumlah aset yang dimiliki dan liabilitas dari sebuah perusahaan tersebut. Aset dan liabilitas ini menjadi dasar perhitungan modal kerja bersih yang dimiliki perusahaan dalam periode waktu ini.

Pada pemahaman lain, modal kerja juga dapat didefinisikan sebagai ukuran akuntansi yang mengacu pada aset cair yang akan dikeluarkan oleh perusahaan dalam jangka waktu 12 bulan ke depan, serta jumlah total kewajiban keuangan jangka pendek dalam periode waktu serupa.

Dari penjelasan di atas terdapat dua variabel utama dalam perhitungan modal kerja ini. Pertama adalah aset, dan kedua adalah liabiltias atau kewajiban keuangan.

Aset meliputi dana tunai, dana yang dimiliki di bank, berbagai aset yang tidak dapat diuangkan secara cepat, potensi pendapatan yang sudah dihitung, serta total piutang yang dimiliki dari pelanggan yang belum terbayar.

Liabilitas atau kewajiban keuangan di sisi lain akan meliputi seluruh utang yang harus dilunasi dalam setahun dan total kewajiban keuangan lain yang dihitung secara cermat dan akurat.

Menilik Fungsi Modal Kerja

modal kerja adalah
Sumber: freepik.com

Jelas, keberadaan modal kerja sifatnya sangat fundamental bagi perusahaan. Beberapa fungsi modal kerja dapat Anda lihat dalam poin singkat berikut ini.

  • Memberikan pemahaman mendalam pada setiap pengelola perusahaan terkait kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban keuangan dan memanfaatkan peluang penghasilan selama 12 bulan yang akan datang.
  • Membuat forecasting terkait kemungkinkan tantangan keuangan yang akan dihadapi di masa depan. Hal ini bisa dihitung dengan acuan modal kerja negatif atau positif. Saat modal kerja negatif, artinya perusahaan wajib memanfaatkan cara strategis untuk mendapatkan tambahan modal kerja, jika modal kerja positif, maka idealnya perusahaan dapat mengalokasikan pengembangan atau ekspansi lebih lanjut.
  • Sebagai tolak ukur keadaan perusahaan dengan pesaing atau perusahaan lain di ranah yang sama. Hal ini akan diperlukan oleh pihak manajemen atau investor modal guna mempertimbangkan pengelolaan dan penambahan modal, berdasarkan data performa perusahaan dan perkiraan kondisi perusahaan pada periode 12 bulan mendatang.
  • Menjadi dasar biaya operasional yang diperlukan perusahaan untuk tetap melaksanakan kegiatan produksinya setiap hari. Jelas, tanpa alokasi dan perencanaan yang baik, modal kerja tidak akan dapat dioptimalkan guna kepentingan perusahaan secara riil.

Cara Menghitung Modal Kerja adalah Sebagai Berikut

modal kerja
Sumber: freepik.com

Sebenarnya secara teori, cara menghitung modal kerja adalah hal yang mudah. Pada dasarnya, besaran modal kerja yang dimiliki perusahaan akan diperoleh dari perhitungan berikut:

  • Modal Kerja = Aktiva Lancar – Kewajiban Lancar

Perhitungan ini digunakan untuk memperoleh besaran modal kerja yang saat ini dimiliki oleh perusahaan. Meski demikian, terdapat beberapa alternatif rumus lain yang dapat digunakan, tergantung dengan metode mana yang dirasa paling tepat.

  • Modal Kerja = (Aktiva Lancar – Uang Tunai) – (Kewajiban Lancar – Utang)
  • Modal Kerja = Piutang + Persediaan – Utang Usaha

Dalam memperhitungkan jumlah modal kerja ini, Anda juga wajib mengetahui rasio modal kerja yang dimiliki. Rasio in digunakan untuk melihat bagaimana kondisi perusahaan. Jika rasio yang dimiliki menunjukkan skala di atas 2, maka situasi keuangan bisnis dapat dikatakan dalam kondisi baik. Jika skalanya di bawah 1, maka situasi perusahaan tidak sedang dalam keadaan baik dan perlu langkah strategi.

Rumus rasio modal kerja adalah:

  • Rasio Modal Kerja = Aktiva Lancar : Liabilitas Terkini

Optimalkan Pengelolaan Modal dengan Sistem Financial Management Andal

modal kerja
Sumber: freepik.com

Dalam rangka mengelola sebuah perusahaan, pengelolaan modal kerja harus dilakukan dengan optimal, karen secara langsung akan berpengaruh pada kondisi keuangan perusahan dan kemampuannya dalam, bersaing.

Ini mengapa, penerapan sistem financial management yang mumpuni wajib dilakukan, dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan yang dilakukan oleh perusahaan. Sistem seperti ini umum ditemukan pada layanan ERP yang tersedia sekarang ini.

Jika Anda merasa sanksi karena idealnya ERP memerlukan investasi besar, bagaimana jika tersedia layanan ERP modular yang investasinya dapat disesuaikan dengan keperluan Anda?

Baca Juga : Penting! Ini 4 Tips Sukses Mendapat Tambahan Modal Usaha

R1, Solusi ERP Modular Praktis untuk Bisnis Skala Menengah

Untuk bisnis skala menengah, ketersediaan ERP modular tentu akan sangat membantu. R1, dalam hal ini, siap menjadi solusi untuk mengoptimalkan pengelolaan modal kerja yang dimiliki perusahaan dengan modul Financial Management yang disediakan nya.

R1 paham benar bahwa pengelolaan modal kerja adalah hal penting dalam operasional perusahaan, maka dengan modul ini R1 ingin turut membantu perusahaan Anda agar dapat mengelola modal kerja lebih baik. Dengan fitur utama seperti Cash Flow Management, Account Payable, dan Account Receivable yang dapat diintegrasikan dengan sistem keuangan perusahaan, Anda tak lagi perlu repot memikirkan hal ini. Data komprehensif akan tersaji dari waktu ke waktu untuk kebutuhan analisa modal kerja, sehingga optimasinya dapat dieksekusi semakin baik. Gunakan R1 sekarang juga, dan mari berkembang bersama kami!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo