Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

ERP Platform untuk UMKM

Ini 5 Keuntungan ERP Platform untuk UMKM

Salah satu cara untuk mengelola UMKM dengan lebih baik adalah menerapkan enterprise resource planning (ERP). Akan tetapi, tidak semua pebisnis yang bergerak di dalam UMKM memahami apa itu ERP. Padahal, ketika memahaminya dengan baik maka pebisnis bisa meningkatkan produktivitas UMKM. Sebab, dapat dikatakan ERP adalah platform terbaik untuk UMKM. 

Lalu, apa keuntungan UMKM ketika menerapkan ERP? Bagaimana cara menggunakan atau menerapkannya? Bagaimana cara memulai menggunakan R1 sebagai ERP platform untuk UMKM? 

Untuk mengetahui lebih lengkap, artikel di bawah ini memberikan informasi menyeluruh mengenai ERP platform untuk UMKM. Selengkapnya hanya di R1. 

Keuntungan UMKM Menerapkan ERP

Keuntungan Menggunakan ERP bagi UMKM

Sumber: pinterest.com

Ada beberapa keuntungan yang perlu diketahui oleh UMKM ketika menerapkan UMKM yaitu:

1. Pencatatan Data Transaksi Tersusun dengan Baik

Keuntungan pertama yang perlu Anda ketahui adalah pencatatan data transaksi tersusun dengan baik dan rapi. Mulai dari order hingga penerimaan produk. Keseluruhan proses tersebut terdokumentasi dengan baik di dalam platform ERP. 

Selain itu, Anda bisa mencetak dokumen transaksi untuk klien atau mitra. Bahkan, pencetakan tersebut dapat diproses dengan cepat karena fitur software yang lengkap. 

2. Stok Real Time

Salah satu keuntungan ketika menerapkan ERP adalah stok-nya yang bersifat real time. Bahkan, Anda bisa mudah untuk melihat laporan penjualan maupun stok. Aplikasi ERP memang dirancang untuk memberikan kemudahan bagi UMKM. Terlebih, di dalam ERP memiliki fitur inventory yang mencatat produk masuk dan keluar dengan baik. 

3. Cepat dalam Penambahan Item

Kehadiran teknologi memang membuatnya menjadi lebih mudah. Jika sebelumnya harus membuat laporan penambahan item secara terpisah karena prosesnya manual, kini mulai berubah. Dengan ERP, semuanya dapat terintegrasi dengan mudah dan cepat. 

4. Mengurangi Kesalahan dalam Penulisan Laporan

Salah satu keuntungan mengapa UMKM harus menggunakan ERP adalah mengurangi kesalahan dalam penulisan laporan. Jika masih menggunakan proses manual, kesalahan mudah sekali dilakukan oleh manusia. Namun demikian, kesalahan tersebut dapat diminimalisir dengan adanya ERP.

5. Fleksibel

Oleh karena ERP memiliki basis cloud maka memudahkan pemilik UMKM untuk mengetahui dan meninjau bisnis di manapun dan kapanpun. Yang menarik, pemilik tidak perlu ke kantor. Cukup melalui perangkat smartphone atau komputer yang terhubung dengan internet. 

Cara Menggunakan ERP untuk UMKM

Dalam penggunaan atau penerapan ERP untuk UMKM sebenarnya sangat mudah dan fleksibel. Apalagi sistem ERP ini berguna untuk aktivitas operasional. Adapun aktivitas bisnis yang membutuhkan software ERP antara lain:

  • Pengelolaan Karyawan
  • Inventori Barang
  • Menyediakan Stok Produk
  • Penjualan dan Pembelian Produk
  • Jurnal Umum dan Kas
  • Menyusun Laporan Keuangan

Maka dari itu, dengan adanya ERP sebenarnya akan memudahkan aktivitas operasional sehingga dapat disusun dengan tepat dan akurat. Selain itu, ERP juga mampu meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk bisnis. ERP untuk UMKM adalah kebutuhan pasti dan perlu diterapkan sejak dini. 

Fitur-fitur ERP untuk UMKM

Sistem ERP memiliki banyak fitur yang dapat diimplementasikan ke dalam UMKM, antara lain: 

1. Inventory Material and Management

Kehadiran fitur yang pertama membuat UMKM lebih mudah untuk menata dan menyimpan data produk, inventaris harga, transaksi, serta pencatatan persediaan barang dan jasa perusahaan. Dalam fitur tersebut, tersedia pula sub-fitur seperti warehouse management, inventory management, dan material management.

2. Procurement Management

Untuk fitur yang kedua, UMKM dapat meningkatkan kontrol pengadaan, fleksibilitas, serta berbagai kemudahan dalam mencapai tujuan UMKM. Ada beberapa sub-fitur yang dapat Anda gunakan ke dalam bisnis di antaranya: vendor management system dan purchasing management

3. Sales and Distribution Management

Di fitur yang ketiga, UMKM bisa menangani seluruh proses pemasaran dan mengetahui target pemasaran sehingga bisa mengkonversinya menjadi pendapatan penjualan. Dalam modul ini terdapat dua sub-fitur yaitu sales management dan distribution management.

4. Financial Management

Dalam fitur yang keempat, melalui financial management, UMKM bisa mengelola manajemen finansial perusahaan setiap proses bisnis. Ada tiga sub-fitur yang melingkupi fitur keempat ini yaitu: cash flow management, account payable, dan account receivable

5. Accounting Management

Di fitur yang terakhir, UMKM bisa mengelola aktivitas akuntansi perusahaan dalam setiap proses bisnis. Dalam fitur ini, tersedia dua sub-fitur yang di antaranya adalah enterprise accounting dan financial reporting

Fitur-fitur ERP di atas adalah fitur ERP untuk bisnis yang tersedia di dalam R1. Sebagai penyedia software ERP terbaik di Indonesia, R1 mampu membantu meningkatkan produktivitas UMKM. Oleh karena itu, penting bagi UMKM untuk memilih R1 sebagai penyedia ERP

Dengan memahami keseluruhan sistem ERP di dalam R1 maka perusahaan Anda akan lebih mudah dalam meningkatkan produktivitas bisnis. Terapkan R1 di perusahaan Anda dan manfaatkan free trial untuk mendapatkan pengalaman menggunakan R1. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo