Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

cloud storage

3 Manfaat Cloud Storage untuk Menyimpan Data Penting Perusahaan

Sebuah perusahaan lazimnya memiliki cukup banyak data yang harus disimpan. Dari data penjualan, pembelian, distribusi sampai customer harus disimpan dan dikelola dengan baik agar bisa digunakan jika sewaktu waktu dibutuhkan. Penyimpanan data dalam cloud storage bisa menjadi solusi yang sangat dibutuhkan karena nilai efektifitas dan keamanannya.

Apa itu cloud storage ? Mengapa cloud storage penting dalam perusahaan? Mari kita cari tahu dari informasi di bawah ini.

Pengertian Cloud Storage

Secara asal bahasa, Cloud storage berasal dari dua kata, cloud yang berarti awan atau istilah lain dari internet. Sedangkan storage adalah penyimpanan. Jadi secara sederhana, cloud storage adalah metode penyimpanan data berbasis jaringan internet.

Data-data yang terhubung dalam jaringan internet tersebut dikelola dalam sebuah sistem bernama cloud computing yang dikelola oleh penyedia layanan.

Cloud computing sendiri adalah layanan pengiriman sumber daya teknologi informasi yang meliputi server, database, penyimpanan, jaringan, AI secara on-demand melalui jaringan internet.

Berbeda dengan penyimpanan local yang membutuhkan koneksi fisik sebagai media transfer data, penyimpanan sistemcloud hanya membutuhkan jaringan internet untuk mengakses data.

Kenapa Cloud Storage Penting bagi Bisnis?

Sumber: Pixabay

Setelah mengetahui apa itu cloud storage, cara kerja, dan manfaatnya sekarang kita pahami pentingnya penyimpanan sistem cloud bagi bisnis. Di era industri digital saat ini, koneksi internet memiliki peran besar di dalamnya. Perubahan yang semakin cepat juga  menuntut para pelaku usaha juga beradaptasi dengan cepat.

Contoh, mungkin 10 atau 20 tahun lalu, membangun brand makanan  membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk bisa dikenal masyarakat luas.

Namun sekarang, saat pandemi misalnya orang-orang yang baru memulai menjual produk makanan, dalam kurun waktu 2-3 bulan sudah bisa mengembangkan brand-nya.

Saat ini, siapa pun bisa memasarkan produknya dengan cepat melalui media sosial, bahkan tidak sedikit yang memanfaatkan teknologi yang mampu mempermudah operasional bisnis. Salah satunya menggunakan Penyimpanancloud .

Dengan penyimpanan cloud misalnya, pelaku usaha dengan mudah mengelola produknya mulai dari membuat katalog, menerima pesanan, hingga menerima laporan penjualan melalui website toko online.

Jenis-Jenis Cloud Storage

Sumber: Pixabay

Penyimpanan ini sendiri terbagi dalam beberapa jenis yang bisa Anda pilih sebagai alat untuk menyimpan data. Berikut adalah penjelasan masing-masing dari jenisnya:

1. Public Cloud Storage

Biasanya penyimpanan public cloud disediakan secara gratis. Dari semua jenisnya, dapat dikatakan bahwa penyimpanan public adalah salah satu yang paling populer. Contoh dari jenis ini yang paling terkenal adalah Google Drive, dan Drop Box. Sifatnya yang publik membuat penyimpanan ini dapat diakses di mana saja selama terdapat jaringan internet.

Kelebihan jenis ini selain aksesnya yang mudah adalah tidak membutuhkan perawatan dengan kapasitas penyimpanan yang besar dan terjangkau. Sayangnya, penyimpanan ini jauh lebih rentan keamanannya.

2. Personal Cloud Storage

Selanjutnya adalah penyimpanan cloud jenis personal. Penggunaan penyimpanan ini dapat mengakses data yang tersimpan menggunakan sebuah perangkat, karena sistemnya terkoneksi dengan jaringan lokal. Biasanya PCS akan digunakan di dalam rumah untuk diakses oleh seluruh anggota keluarga dan terkoneksi ke device lain.

3. Private Cloud Storage

Penyimpanan ini mirip dengan jenis personal, yang memiliki sistem jaringan lokal yang tidak memungkinkan orang lain yang tidak memiliki akses jaringan dapat mengakses data. Penyimpanan ini lebih terintegrasi, misalnya hanya bisa diakses oleh orang-orang yang berada dalam suatu perusahaan tertentu.

4. Hybrid Cloud Storage

Jenis penyimpanan yang terakhir adalah hybrid. Penyimpanan Hybrid adalah kombinasi dari jenis penyimpanan publik dan privat. Penggunanya dapat menggunakan penyimpanan ini secara data secara offline dan juga online.

Umumnya penyimpanan ini akan digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti private cloud. Sistem ini akan menyimpan data yang tidak bisa dibuka sembarangan oleh publik. Tentunya penyimpanan ini membutuhkan dana yang besar.

Manfaat Cloud Storage

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya cloud storage adalah sebuah inovasi dengan segudang manfaat. Berikut adalah tiga manfaatnya yang perlu Anda ketahui:

1. Menyimpan dan Berbagi Data

Sesuai dengan namanya, manfaat utama penyimpanan cloud adalah untuk menyimpan berbagai data. Selain praktis dan dapat diakses di mana saja, Anda juga tidak akan kesulitan jika ingin berbagi sebuah file. Berbekal jaringan internet Anda bisa melakukan sharing atau synchronize data dengan sangat mudah.

2. Hemat dan Ramah Lingkungan

Cloud storage adalah penyimpanan yang hemat dan ramah lingkungan. Penyimpanan cloud tidak membutuhkan perangkat keras tambahan seperti flashdisk yang bisa rusak dan terbuang. Anda tidak perlu selalu membeli ketika perangkat rusak, sehingga selain dapat mengurangi anggaran Anda juga dapat berkontribusi dalam menjaga pelestarian alam dengan mengurangi limbah.

3. Kontrol Data

Anda tidak akan kesulitan untuk mengatur setiap data. Karena meskipun Anda mungkin lupa tentang judul atau mana file yang benar, semua data yang Anda simpan tidak akan pernah hilang.

Menyimpan Semua Data dengan Mudah Bersama R1

R1 adalah sebuah platform digital yang memanagement keperluan data dari bisnis Anda. Semua  data dari penjualan, distribusi, penerimaan hingga customer disimpan dan disusun secara cermat dalam cloud storage dari R1.

Penyimpanan data secara real time dari R1 akan memungkinkan Anda untuk menemukan data terbaru yang Anda butuhkan segera bahkan setelah proses penyimpanan. Selain itu, melalui aplikasi berbasis Cloud  R1 Dengan sistem Subscription memudahkan pengguna untuk memiliki sistem tanpa investasi biaya yang besar.

Masih penasaran? Temukan banyak manfaat dan kemudahan mengelola semua data bisnis Anda dengan mengunjungi website R1 sekarang juga. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tunggu apa lagi? Mulai transformasi
perusahaan Anda sekarang!

Coba Gratis Jadwalkan Demo