Alamat
Grha RUN System
Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233
Representative Office
Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190
Istilah di dunia bisnis online sangat beragam. Salah satu istilah yang penting untuk diketahui bagi pebisnis maupun konsumen adalah refund. Dalam pengertian sederhana, refund adalah pengembalian dana yang dilakukan penjual kepada konsumen karena beberapa alasan. Salah satunya adalah kondisi produk saat diterima konsumen tidak sesuai dengan pemesanan.
Refund adalah hal yang biasa terjadi di dunia bisnis online. Jadi, pebisnis tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Pebisnis hanya cukup memahami langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukannya ketika konsumen hendak menginginkan refund.
Untuk mendapatkan pemahaman tentang refund, artikel ini akan menjelaskan tentang pengertian, tujuan, prosedur, hingga contoh refund. Simak secara saksama dan terapkan pada bisnis Anda.
Secara umum, refund adalah pengembalian dana yang dilakukan pebisnis atau penjual kepada pembeli karena ada pengajuan dari pembeli. Pengajuan dapat dilakukan secara tertulis atau lisan. Namun, di era digital seperti ini, pengajuan biasa dilakukan dengan cara tulisan untuk kemudian dikirim via email.
Ada beberapa alasan yang akan diterima oleh penjual untuk refund yaitu kerusakan barang saat pesanan tiba, pengiriman barang yang tidak sesuai jadwal, hingga beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku.
Adapun dalam berbisnis, penting bagi pebisnis untuk memahami secara untuk tentang refund. Sebab, selain pengembalian dana, ada sesuatu yang lebih besar yaitu menjaga kepercayaan pembeli. Tidak dapat dimungkiri bahwa kepercayaan dan kepuasan pembeli menjadi salah satu faktor yang menentukan bisnis Anda.
Dengan adanya layanan refund, calon pembeli akan percaya bahwa pebisnis akan bertanggung jawab sepenuhnya bahwa jika produk tidak sesuai pesanan, uang akan kembali. Ia akan memberikan jaminan keamanan sekaligus garansi bahwa produk yang dikirimkan bukan penipuan.
Maka dari itu, pembeli tidak akan merasa rugi karena pebisnis atau perusahaan telah memiliki kebijakan refund yang sesuai ketentuan, sehingga pembeli pun akan merasa aman dan nyaman saat berbelanja.
Ada beberapa tujuan yang perlu Anda ketahui tentang refund yaitu:
Slogan yang menyatakan bahwa konsumen adalah raja harus benar-benar diperhatikan oleh pebisnis. Hal ini bertujuan agar konsumen merasa aman dan nyaman dalam melakukan transaksi apa pun termasuk refund. Ketika konsumen merasakan keduanya maka mereka tidak ragu untuk kembali melakukan transaksi.
Tujuan refund yang kedua adalah menjaga loyalitas konsumen. Acap kali ketika konsumen melakukan komplain dan klaim produk kepada pebisnis, hal tersebut diabaikan. Apalagi jika sampai konsumen ingin mengajukan refund, pebisnis akan menolak. Padahal, pebisnis perlu menelisik lebih jauh alasan mengapa konsumen mengajukan refund. Jika konsumen telah melakukan prosedur refund sesuai ketentuan, pebisnis harus menerimanya. Hal ini juga baik untuk loyalitas konsumen.
Tujuan refund yang ketiga adalah konsumen bersedia melakukan repeat order. Hal ini akan dilakukan konsumen apabila pebisnis atau penjual melayaninya dengan baik. Salah satu layanannya adalah refund. Apabila konsumen menghendaki refund sesuai ketentuan berlaku, pebisnis perlu melayaninya dan mengembalikan dana sesuai ketentuan pula.
Ada beberapa syarat dan prosedur dalam melakukan refund yaitu:
Jika hal tersebut sudah lengkap, dan memenuhi ketentuan berlaku, pebisnis perlu mengembalikan dana.
Untuk mengetahuinya lebih lengkap tentang refund, berikut ini adalah contoh dari refund.
Konsumen A telah membeli produk kosmetik dengan harga Rp300.000 secara online. Kemudian, saat konsumen tiba dan telah diterima konsumen ternyata mendapatkan produk yang kadaluarsa. Maka dari itu, konsumen melakukan komplain sekaligus meminta pengembalian dana. Pebisnis pun perlu melakukan permintaan konsumen sesuai ketentuan yang berlaku.
Ketika pebisnis telah memahami apa pentingnya refund bagi perusahaan maka terapkan pada perusahaan. Maksimalkan layanan tersebut sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Refund juga dapat membantu terbentuknya citra perusahaan lebih baik.
Agar segala bisnis dapat berkembang dengan baik, R1 dapat membantu perusahaan untuk mengelola proses pemasaran sekaligus menentukan target pasar. R1 juga meng-cover transaksi retur dan refund. Hal ini akan menjadi penting karena membantu menjaga kestabilan bisnis Anda.