Alamat

Grha RUN System

Jl. Pakuningratan No.15,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta,
55233

Representative Office

Treasury Tower
Lt. 10 Unit I, District 8 Lot.28 SCBD
Jl. Jenderal Sudirman kav.52-53, Jakarta 12190

Kebijakan Privasi R1

Kebijakan Privasi

Selamat datang di Kebijakan Privasi PT Global Sukses Solusi Tbk (“RUN System”) ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan (Selanjutnya disebut “S&K”). Kami menerapkan Kebijakan ini sebagai panduan jika terjadi kendala dikemudian hari. Kami sarankan Pengguna membaca Kebijakan Privasi ini dan S&K Kami secara berkala, karena seiring perkembangan ketentuan ini dapat diperbarui dan/atau diubah dari waktu ke waktu. Pemberitahuan atas perubahan tersebut akan Kami sampaikan melalui elektronik mail (“E-Mail”) dan/atau pada setiap Layanan Kami. Kebijakan Privasi ini hanya berlaku untuk setiap data pada Infrastructure Kami yang diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

Privasi ini berlaku untuk semua Pengguna dan/atau individu yang hanya sekedar mengunjungi Produk Kami yang termasuk namun tidak terbatas pada RUN System Enterprise Resource Planning (RUN System ERP), RUN System One (R1), RUN Market By RUN System (RUN Market), iKas, RUN System Platform, situs web (termasuk www.runsystem.id beserta situs turunannya), fitur dan layanan Kami (secara kolektif selanjutnya disebut sebagai “Layanan”), kecuali yang memiliki Kebijakan Privasi terpisah.

Berikut ini Pengguna akan mengetahui bagaimana Kami dan/atau afiliasi dari Kami dalam memperoleh, mengumpulkan, menyimpan, mengendalikan, menggunakan, memproses, menganalisis, mengoreksi, memperbarui, menampilkan, menerbitkan, mentransfer, mengungkapkan, dan melindungi data pribadi Pengguna (“Pemrosesan Data Pribadi”). Kami juga akan memberi tahu Pengguna tentang hak-hak Pengguna dan memberi Pengguna informasi lebih lanjut yang relevan secara hukum.

  1. Siapa Kami

    Pelindung data dalam arti PDP (“Perlindungan Data Pribadi”) adalah PT Global Sukses Solusi Tbk, (selanjutnya disebut “Kami”) berkedudukan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan beralamat di Jalan Wahid Hasyim No. 06, Condongcatur, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55283 Indonesia.

  2. Hubungi Kami

    Apabila Pengguna memiliki pertanyaan tentang Perlindungan Data Pribadi dan/atau ingin menggunakan haknya, dapat melakukannya secara elektronik maupun langsung yang disampaikan melalui:

    • Secara Elektronik

      Data Protection Officer (DPO)
      dpo@runsystem.id

    • Secara Langsung

      Head Office:
      RUN System HeadQuarter (HQ)
      Jalan Wahid Hasyim No. 06, Condongcatur, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55283 Indonesia.

      Indonesian Representative Office:
      Jalan Kebagusan I No 17A, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Jakarta, 12520 Indonesia.

      International Representative Office:
      651 N Broad St, Suite 201, Delaware, USA, 19709

  1. Ketentuan Pengguna

    Pengguna sebagai Subjek Data Pribadi dalam arti Perlindungan Data Pribadi (selanjutnya disebut sebagai “Pengguna”). Pengguna Kami adalah Individu di berbagai yurisdiksi yang memiliki hak hukum terkait Data Pribadi mereka. Dengan Menggunakan Layanan Kami, Pengguna tunduk dan patuh terhadap Kebijakan Privasi ini yang diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia (selanjutnya disebut “Hukum yang berlaku”). Sebagai Pengguna Layanan Kami, Pengguna harus mematuhi semua hukum yang berlaku, dengan kata lain Pengguna menyatakan bahwa telah memenuhi semua persyaratan hukum yang diperlukan untuk menggunakan Layanan Kami.

    Kami mengutamakan kepentingan yang sah, untuk memproses setiap Data Pengguna yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau nonelektronik (selanjutnya disebut “Data Pribadi”) sesuai dengan hukum yang berlaku. Pengguna berhak untuk menolak pemrosesan Data Pribadi Pengguna secara langsung kapan saja dengan mengirimkan E-mail kepada Kami melalui dpo@runsystem.id. Jika Pengguna mengajukan penolakan dan/atau keberatan, Kami akan berhenti memproses Data Pribadi Pengguna untuk tujuan yang relevan kecuali Kami memiliki alasan kuat untuk melanjutkan pemrosesan atau diperlukan untuk klaim hukum.

    Layanan Kami hanya ditujukan bagi individu diatas usia 18 (delapan belas) tahun, bagi individu yang berusia dibawah 18 (delapan belas) tahun harus mendapatkan persetujuan dan/atau izin dari orang tua atau wali. Pemenuhan terhadap ketentuan tersebut (selanjutnya disebut “Batas Usia”). Silakan hubungi Kami jika Pengguna mengetahui bahwa seseorang yang tidak memenuhi Batas Usia telah memberikan Data Pribadi kepada Kami dan Kami akan mengambil langkah-langkah untuk menghapus Data Pribadi tersebut. Dengan memilih memenuhi Batas Usia Pengguna menyatakan telah memenuhi Batas Usia yang Kami tetapkan dan telah mendapat persetujuan dari orang tua dan/atau wali serta setuju untuk membebaskan Kami dari setiap tuntutan, klaim, atau tindakan hukum yang timbul dari insiden tersebut.

    Kebijakan Privasi ini dapat diterjemahkan ke dalam bahasa lain dan hanya bersifat informatif (“Alih Bahasa”), apabila terdapat ketidakkonsistenan antara versi bahasa dalam Kebijakan Privasi tersebut maka versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku.

  2. Hak Pengguna

    Pengguna Layanan Kami memiliki hak-hak yang diatur sesuai dengan hukum yang berlaku:

    • Berhak mendapatkan Informasi tentang penggunaan Data Pribadi;
    • Berhak untuk memperbaiki kesalahan dan/atau ketidakakuratan Data Pribadi;
    • Berhak atas akses dan memperoleh salinan Data Pribadi;
    • Berhak untuk mengakhiri pemrosesan, menghapus, dan/atau memusnahkan Data Pribadi tentang dirinya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
    • Berhak menarik kembali persetujuan pemrosesan Data Pribadi;
    • Berhak untuk mengajukan keberatan pada pemrosesan secara otomatis, termasuk pemrofilan, yang menimbulkan dampak signifikan pada Subjek Data Pribadi;
    • Berhak menunda atau membatasi pemrosesan Data Pribadi secara proporsional;
    • Berhak mendapatkan dan/atau menggunakan Data Pribadi;
    • Berhak menggunakan dan mengirimkan Data Pribadi tentang dirinya ke Pengendali Data Pribadi lainnya, sepanjang sistem yang digunakan dapat saling berkomunikasi secara aman sesuai dengan prinsip Perlindungan Data Pribadi dan/atau;
    • Hak-hak lainnya yang diatur sesuai dengan hukum yang berlaku.

Kebijakan Privasi Kami hanya berlaku untuk setiap Data Pribadi yang terdapat pada Infrastruktur Kami. Ini mencakup Data Pribadi, Konten yang dihasilkan, dikirimkan, atau disimpan oleh Pengguna saat mengakses dan menggunakan Layanan Kami. Data Pribadi yang teridentifikasi dan/atau yang Pengguna berikan selama mengunjungi maupun menggunakan Layanan Kami, selanjutnya akan dikumpulkan, simpan, jaga, gunakan dan pada kondisi tertentu ungkapkan.

  1. Data yang Kami Lindungi

    Kami hanya melindungi setiap Data Pribadi yang ada dalam penguasaan Kami (selanjutnya disebut “Infrastruktur Kami”) dengan kata lain Kami hanya memberikan perlindungan terhadap Data Pribadi Pengguna pada Infrastruktur Kami. Meskipun kami berusaha menjaga keamanan Data Pribadi, pengguna harus menyadari bahwa Data Pribadi di internet tidak sepenuhnya aman, dan kami tidak dapat menjamin perlindungan 100%. Oleh karena itu, kami menyarankan pengguna untuk secara berkala mengganti kata sandi untuk menjaga keamanan akun Pengguna. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul akibat kelalaian Pengguna dalam menjaga keamanan informasi yang mengakibatkan Kegagalan Perlindungan Data Pribadi.

  2. Data yang tidak Kami Lindungi

    Setiap Data Pribadi dan Data yang disimpan di luar infrastruktur Kami atau yang termasuk dalam penguasaan Pengguna Layanan Kami (selanjutnya disebut “User Infrastruktur”), sepenuhnya adalah tanggung jawab Pengguna. Dengan kata lain, kami tidak bertanggung jawab atas Data Pribadi dan data tersebut yang Pengguna kelola sendiri, menjadi tanggung jawab pribadi Pengguna.

  3. Kegagalan Perlindungan

    Kami akan memberitahu Pengguna jika kami menemukan kegiatan mencurigakan atau indikasi kebocoran Data pada layanan kami, sebaliknya dalam hal Pengguna mencurigai atau mengetahui adanya indikasi kebocoran terhadap Data Pribadi atau masalah privasi, Pengguna dapat mengajukan keluhan kepada kami melalui Data Protection Officer (DPO) pada dpo.privacy@runsystem.id. Kami akan segera menanggapi dan menangani keluhan tersebut sesuai dengan Kebijakan privasi dan Hukum yang berlaku seperti:

    1. Melakukan identifikasi setiap keluhan yang Pengguna sampaikan;
    2. Memberikan informasi dan tanggapan atas setiap keluhan yang Pengguna sampaikan kepada Kami; dan/atau
    3. Melakukan upaya penanganan atau pemulihan atas keluhan yang Pengguna sampaikan.

    Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang terjadi, kecuali jika disebabkan oleh kelalaian atau tindakan sengaja dari kami. Pengguna setuju untuk membebaskan kami dari tuntutan atau klaim terkait insiden tersebut.

  1. Perolehan

    Kami mendapatkan Data Pribadi dari Data yang Pengguna berikan kepada atau dikumpulkan oleh Pengguna kepada Kami saat menggunakan Layanan Kami, baik sebagai Pengguna maupun sekedar Pendatang. Dengan memberikan atau mengumpulkan data kepada Kami, Pengguna menyatakan dan Data yang Kami terima adalah sah dan tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku. (selanjutnya disebut “Sah secara hukum”)

    Dalam hal Data Pribadi diperoleh dari sumber lain seperti namun tidak terbatas pada karyawan, pegawai, tenaga kerja, pihak ketiga dan/atau publikasi (“Data tidak langsung”). Petugas yang melakukan pemrosesan data yang memberikan atau mengumpulkan data kepada Kami dengan ini menyatakan bahwa seluruh Data dan informasi yang dikumpulkan atau diserahkan kepada Kami dapat dipertanggungjawabkan dan sah secara hukum.

  2. Jenis dan Tujuan

    Kami dapat memproses, mengumpulkan, menggunakan, menyimpan dan mentransfer berbagai jenis Data Pribadi. Data tersebut terdiri dari Data Pribadi yang dikombinasikan untuk mengidentifikasi seseorang (selanjutnya disebut “Data umum”) dan Data Pribadi yang berdampak lebih besar kepada Pengguna (selanjutnya disebut “Data spesifik”). Kami hanya mengumpulkan Data Pribadi Pengguna berdasarkan persetujuan dan penerimaan yang diberikan Pengguna (selanjutnya disebut “Izin”). Berikut Data Pribadi yang Kami proses dan telah Kami kelompokkan berdasarkan tiap-tiap Layanan Kami sebagai berikut:

    • RUN System Enterprise Resource Planning (RUN System ERP)

      Kami mengumpulkan Data Pribadi Pengguna berdasarkan Izin yang Pengguna berikan. Data pribadi yang Kami proses adalah Data Umum, meliputi:

      1. Data identitas berupa nama, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, status perkawinan, dan golongan darah;
      2. Data alamat berupa nama kota, kecamatan, desa, rukun tetangga, rukun warga dan kode pos; dan
      3. Data informasi tambahan seperti tanggal perkawinan, nomor handphone, Pendidikan dan status pekerjaan.

      Kami mengumpulkan Data Pribadi Pengguna berdasarkan Izin yang Pengguna berikan. Data pribadi yang Kami proses adalah Data Spesifik, meliputi:

      Data pekerjaan seperti kode karyawan, entitas, site, divisi, departemen, posisi, status posisi, bagian, kelompok kerja, titik rekrutmen, tanggal bergabung, lulusan pelatihan, tingkat, grup penggajian, tipe penggajian, periode pembayaran, nomor pokok wajib pajak (NPWP), pajak non-masuk, nama bank, nama cabang, ukuran pakaian, dan ukuran sepatu.

      Tujuan kami menggunakan Data Pribadi adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna sesuai dengan deskripsi dan fungsi layanan kami, serta demi kepentingan pengguna. Ini termasuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi kesalahan dalam bisnis, mengotomatiskan proses bisnis sehingga mengurangi waktu dan biaya operasional, meningkatkan produktivitas karyawan, menyediakan laporan dan analisis real-time, manajemen tenaga kerja, serta memenuhi peraturan dan standar industri dengan menyediakan sistem pelaporan dan audit yang lebih baik. Dengan kata lain, tujuan pengumpulan data ini adalah untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna.

    • RUN System One (R1)

      Kami mengumpulkan Data Pribadi Pengguna berdasarkan Izin yang Pengguna berikan. Data pribadi yang Kami proses adalah Data Umum, meliputi:

      1. Data identitas seperti nama, alamat, nomor identitas, dan informasi kontak seperti email dan nomor handphone; dan
      2. Data registrasi saat Pengguna menggunakan Layanan Kami.

      Kami mengumpulkan Data Pribadi Pengguna berdasarkan Izin yang Pengguna berikan. Data pribadi yang Kami proses adalah Data Spesifik, meliputi:

      1. Data keuangan seperti informasi rekening bank, gaji, data pajak, informasi mengenai pembelian, penjualan, dan transaksi keuangan lainnya;
      2. Data inventaris dan pengadaan seperti detail tentang barang dan material yang dikelola, termasuk jumlah, lokasi, kondisi, informasi terkait pemasok, kontrak, dan negosiasi;
      3. Data penjualan seperti informasi pelanggan, riwayat pembelian, dan preferensi; dan
      4. Data kinerja seperti analisis kinerja individu atau tim dalam konteks operasional.

      Tujuan kami menggunakan Data Pribadi adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna sesuai dengan deskripsi dan fungsi layanan kami, serta demi kepentingan pengguna. Ini termasuk untuk keperluan registrasi, verifikasi, log-in, pemulihan password dan alternatif backup verifikasi data dan kontak. Dengan kata lain, tujuan pengumpulan data ini adalah untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna.

    • RUN Market by RUN System

      Kami mengumpulkan Data Pribadi Pengguna berdasarkan Izin yang Pengguna berikan. Data pribadi yang Kami proses adalah Data Umum, meliputi:

      1. Data identitas berupa nama Pengguna; dan
      2. Data kontak meliputi alamat E-Mail dan nomor handphone.

      Tujuan kami menggunakan Data Pribadi adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna sesuai dengan deskripsi dan fungsi layanan kami, serta demi kepentingan pengguna. Ini termasuk untuk keperluan registrasi, verifikasi, log-in password dan yang kami gunakan sebagai alternatif backup verifikasi data dan kontak. Dengan kata lain, tujuan pengumpulan data ini adalah untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna.

    • iKas

      Kami mengumpulkan Data Pribadi Pengguna berdasarkan Izin yang Pengguna berikan. Data pribadi yang Kami proses adalah Data Umum, meliputi:

      1. Data identitas berupa nama Pengguna; dan
      2. Data kontak meliputi alamat E-Mail dan nomor handphone.

      Kami mengumpulkan Data Pribadi Pengguna berdasarkan Izin yang Pengguna berikan. Data pribadi yang Kami proses adalah Data Spesifik, meliputi:

      1. Data peserta program jaminan kesehatan seperti Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS); dan
      2. Data pelanggan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

      Tujuan kami menggunakan Data Pribadi adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna sesuai dengan deskripsi dan fungsi layanan kami, serta demi kepentingan pengguna. Ini termasuk untuk keperluan registrasi, verifikasi, log-in, pemulihan password dan alternatif backup verifikasi data dan kontak. Selain itu kami juga memproses data tersebut untuk melakukan proses pembayaran mewakili kepentingan Pengguna. Dengan kata lain, tujuan pengumpulan data ini adalah untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna.

    • RUN System Platform

      Khusus untuk Layanan ini, pengolahan dan penganalisisan Data Pribadi dibedakan menjadi tiga kategori, yaitu:

      1. User Browser Data

        Ini mengacu pada setiap Data Pribadi yang dikumpulkan dari perangkat dan aktivitas Pengguna saat Pengguna menggunakan Layanan Kami, baik sebagai Pengguna maupun sekedar Pendatang melalui browser web.

      2. Infrastruktur Kami

        Adalah sistem Infrastruktur yang Kami gunakan untuk menjalankan Layanan Kami. Data pada Infrastruktur ini terbagi menjadi dua jenis yaitu Data yang disimpan atau ditempatkan di dalam sistem infrastruktur Kami, seperti database atau data warehouse (Data at rest) dan Data yang sedang dalam proses pengiriman atau transmisi (Data in transit). Kami mengupayakan perlindungan terhadap Data Pribadi yang tersimpan pada Infrastructure Kami, untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan Data Pribadi Pengguna.

      3. User Infrastruktur

        Data yang tersimpan berupa (Data at rest), ini merupakan Infrastruktur yang dipilih oleh Pengguna untuk digunakan dalam berinteraksi dengan Layanan Kami. Dengan kata lain Infrastruktur ini terpisah dengan Infrastruktur Kami dan tanggung jawab atas perlindungan data di luar Infrastructure Kami sepenuhnya ada pada Pengguna.

      Untuk Layanan ini, Pengguna juga dikategorikan berdasarkan fitur khusus yang dimiliki oleh Pengguna (Selanjutnya disebut “Hak Akses”) dengan ketentuan sebagai berikut:

      • Admin

        Merupakan Pengguna dari Layanan Kami. Sebagai Admin maka memiliki hak atas pengoperasian atas Layanan yang menjadi hak Admin meliputi:

        1. Admin memiliki akses penuh untuk mengelola seluruh aspek Layanan, termasuk konfigurasi, pengaturan, dan pengelolaan akun;
        2. Admin dapat mengkustomisasi aplikasi baru di dalam infrastruktur Layanan yang ada, memberikan persetujuan dan dapat menentukan akun billing;
        3. Menjual hasil aplikasi yang dibuat di dalam infrastruktur Layanan yang ada kepada pembeli lain (pelanggan).

      • Editor

        Merupakan Pengguna dengan hak pengoprasian dibawah admin, dengan hak untuk mengedit aplikasi yang dibuat di dalam infrastruktur Layanan;

      • User

        Adalah Pengguna Layanan Kami dengan hak akses fitur dasar, berinteraksi dengan konten yang tersedia dalam Platform, dan mendapatkan layanan. Dalam hal ini baik admin, editor maupun user secara bersama-sama maupun sendiri selanjutnya disebut sebagai “Pengguna”)

      Kami mengumpulkan Data Pribadi Pengguna berdasarkan Izin yang Pengguna berikan. Data Pribadi yang Kami proses adalah Data Umum, meliputi:

      1. Data identitas berupa nama Pengguna;
      2. Data kontak meliputi alamat E-Mail dan nomor handphone; dan
      3. Data registrasi saat Pengguna menggunakan Layanan Kami.

        Kami mengumpulkan Data Pribadi Pengguna berdasarkan Izin yang Pengguna berikan. Data pribadi yang Kami proses adalah Data Spesifik, meliputi:

        Nama perusahaan dan data mengenai informasi perusahaan.

        Tujuan kami menggunakan Data Pribadi adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna sesuai dengan deskripsi dan fungsi layanan kami, serta demi kepentingan pengguna. Ini termasuk untuk keperluan registrasi data kontak (nomor telepon dan buku telepon), verifikasi, log-in, pemulihan password dan alternatif backup verifikasi data dan kontak. Selain itu kami juga memproses data tersebut yang kami proses untuk pengelompokan Pengguna saat menggunakan Layanan Kami. Dengan kata lain, tujuan pengumpulan data ini adalah untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna.

      Kami juga mengumpulkan Data dan Informasi non-pribadi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi Pengguna seperti Nama organisasi, badan usaha, alamat badan usaha, nomor telepon badan usaha, alamat email badan usaha, Nomor Induk Berusaha, alamat protokol internet (internet protocol/IP) Pengguna, data lokasi geografis, jenis sistem pengoperasian, kebangsaan, preferensi pencarian Pengguna, dan data-data umum lainnya yang ada pada internet.

      Data Pribadi yang Kami peroleh seluruhnya akan diproses sesuai dengan tujuan pemrosesannya serta tujuan secara eksplisit, dan sesuai dengan S&K layanan, Kebijakan Privasi dan Ketentuan hukum yang berlaku. Data Pribadi Pengguna yang Kami peroleh dan kumpulkan melalui Layanan Kami untuk tujuan-tujuan sebagai berikut:

      1. melakukan pendaftaran, mengelola, mengurus penggunaan dan/atau akses pada Layanan Kami;
      2. mengelola, mengoperasikan, mengurus, dan memberikan kepada Pengguna penawaran atau layanan yang ada;
      3. menghubungi Pengguna sehubungan dengan hal yang berkaitan dengan penggunaan dan akses terkait promosi maupun Layanan Kami, serta memberikan konfirmasi atas pertanyaan maupun permintaan yang Pengguna ajukan kepada Kami (dan sebaliknya);
      4. melakukan penyesuaian fitur atau pengalaman Pengguna saat menggunakan Layanan Kami;
      5. mempublikasikan ulasan, komentar, maupun rating yang Pengguna berikan melalui Layanan Kami dalam bentuk apapun termasuk digital dan cetak untuk dapat diakses oleh publik;
      6. melakukan pengukuran dan meningkatkan pengalaman Pengguna saat menggunakan Layanan Kami;
      7. melaksanakan dan mengaplikasikan S&K Layanan Kami maupun penyelesaian sengketa, pemecahan masalah, aduan, atau mengumpulkan pembayaran; dan/atau
      8. tujuan-tujuan lain yang akan Kami beritahukan kepada Pengguna pada saat dilakukannya pengumpulan dan/atau penggunaan Data Pribadi Pengguna.

      Dalam kondisi tertentu Kami dapat menggunakan Data Pribadi dan informasi non-pribadi Pengguna untuk berbagai tujuan, termasuk pemasaran layanan baru, penawaran khusus, newsletter, dan survei. Informasi ini akan disampaikan melalui berbagai media, seperti poster, infografis, dan teks. Data Pribadi tersebut juga dapat digunakan untuk riset pasar, dengan tetap menghormati kepercayaan Pengguna. Data tersebut akan disajikan dalam bentuk anonim dan hanya untuk keperluan statistik.

      Maka dari itu Pengguna dapat memilih untuk berhenti berlangganan dari pemasaran yang kami kirimkan kapan saja, dengan mengikuti instruksi yang ada pada materi promosi dan S&K Layanan.

  3. Pengolahan dan Penganalisisan

    Pengolahan dan penganalisisan data adalah aspek krusial dari Kebijakan Keamanan Informasi Kami, di mana kami menunjuk Data Protection Officer (DPO) untuk memastikan bahwa semua praktik pengolahan Data Pribadi sesuai dengan hukum perlindungan data yang berlaku. DPO bertanggung jawab untuk memberikan sosialisasi kepada karyawan dan menjaga transparansi dalam pengelolaan data, sehingga setiap tahap pengolahan mulai dari pengumpulan hingga analisis data dilakukan dengan memperhatikan Standar Operasional Prosedur (SOP), Kebijakan Keamanan Informasi, Kebijakan Privasi, Kepatuhan terhadap hukum yang berlaku dan regulasi global yang relevan.

  4. Penyimpanan

    Kami melindungi Data Pribadi Pengguna dengan menerapkan pengaturan keamanan yang ketat, diantaranya menggunakan Secure Socket Layer (SSL) untuk transmisi data sensitive, Back up Data dan juga menerapkan perlindungan (confidentiality-based data protection) dengan menyimpan data dalam jaringan pribadi yang hanya dapat diakses melalui otentikasi yang ketat dengan akses yang terbatas. Hal ini bertujuan untuk menjaga kerahasiaan Data Pribadi Pengguna dan mencegah akses yang tidak sah, sesuai dengan prinsip kerahasiaan (confidentiality) dalam perlindungan Data Pribadi.

    Kami menyimpan dan melindungi Data Pribadi Pengguna pada Infrastruktur Kami sesuai dengan tujuan pengumpulannya. Kami akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa Data Pribadi tersebut tetap aman.

  5. Perbaikan dan Pembaharuan Data

    Kami memberikan kesempatan kepada Pengguna untuk mengakses dan memperbaiki Data Pribadi milik Pengguna yang ada di bawah kendali Kami, dengan ketentuan sebagai berikut:

    1. Dalam hal Pengguna mengetahui atau meyakini bahwa terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian dalam Data Pribadi yang telah diserahkan kepada Kami;
    2. Perbaikan Data Pribadi Pengguna tidak dapat dilakukan secara mandiri; dan/atau
    3. Alasan lainnya sepanjang tidak berdampak pada pengungkapan Data Pribadi Pengguna lain, sesuai dengan SOP, Kebijakan Keamanan Data, Kebijakan Privasi Kami dan tidak bertentangan dengan Hukum yang berlaku;

  6. Penampilan, pengumuman, transfer, penyebarluasan, atau pengungkapan

    Kami hanya akan membagi Data Pribadi Pengguna kepada perusahaan-perusahaan yang terafiliasi dengan Kami, pihak berwenang seperti pemerintah, mitra bisnis terpercaya Kami, pemasok maupun agen Kami dari waktu ke waktu dan dimanapun. Pengguna memahami bahwa Kami dapat membagikan Data Pribadi Pengguna pada situasi-situasi tertentu seperti:

    1. Melakukan pembelaan terhadap klaim, gugatan, tuntutan apapun;
    2. Mematuhi peraturan perundang-undangan, proses dan/atau perintah pengadilan permintaan yang sah oleh pejabat penegak hukum atau pihak yang berwenang;
    3. Melakukan pemeriksaan atau penyelidikan atas penipuan atau kesalahan lainnya yang dipersyaratkan atau diperlukan dalam rangka proses mematuhi hukum yang berlaku, atau untuk melindungi kepentingan sah Kami;
    4. Kepada Pelanggan Kami yang berkaitan dengan pelaksanaan penjualan, layanan, pengalihan, pekerjaan lain baik sebagian ataupun seluruhnya dari kegiatan bisnis perusahaan Kami;
    5. Untuk mempertahankan, melindungi hak Kami, Pengguna Kami lainnya, atau pihak ketiga sesuai dengan kebijaksanaan Kami; dan
    6. Kondisi-kondisi lain selama diperbolehkan oleh hukum.

  7. Penghapusan atau pemusnahan

    Kami akan memusnahkan dan/atau menghapus Data Pribadi Pengguna apabila:

    1. Data Pribadi Pengguna tidak lagi diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya;
    2. Penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan kepatuhan terhadap hukum yang berlaku;
    3. Dilakukan pengajuan atau permohonan oleh Pengguna yang sah, dengan maksud dan tujuan yang jelas;
    4. Karena alasan lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta kebijakan keamanan data dan privasi Kami.

    Kami akan menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi Pengguna Dalam waktu 1 (satu) tahun setelah sebagaimana hal-hal yang telah tercantum huruf a, b dan d. Namun selama Pengguna tidak keberatan Kami akan tetap menyimpan data non-pribadi dan kontak bisnis lainnya dalam fungsinya relevan dengan tujuan bisnis Kami.

    Sebagai Pengendali Data Pribadi, Kami akan memberitahukan penghapusan dan/atau pemusnahan Data Pribadi kepada Pengguna. Dengan dihapusnya Data Pribadi Pengguna dalam Infrastruktur Kami, Pengguna membebaskan Kami dari tanggung jawab atas segala konsekuensi yang timbul di kemudian hari terkait dengan data tersebut.

Cookie merupakan file teks kecil yang mengidentifikasi komputer, tablet, atau smartphone Pengguna ke server Kami dan disimpan dalam browser Internet Pengguna. Cookie memungkinkan Kami untuk mengenali alamat Internet Protocol (selanjutnya disebut “IP address”) Pengguna dan peningkatan Layanan yang Kami berikan. Kami menginformasikan kepada Pengguna bahwa Cookie hanya Kami gunakan untuk kenyamanan Pengguna dalam menggunakan Layanan Kami.

Selain Cookie, Kami juga mengambil data lokasi (selanjutnya disebut “Location”) Jika diperlukan pada saat Pengguna pertama kali mengakses Layanan Kami. Browser akan mengirimkan notifikasi untuk meminta Pengguna mengaktifkan Location tersebut sebelumnya.

Dengan mengakses, menjelajah, menggunakan, mendaftarkan diri Pengguna, menggunakan Layanan atau pada saat Pengguna membuat akun baru pada Layanan Kami, maka Pengguna menyetujui Kami dan Perusahaan yang terafiliasi dengan Kami untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan, mentransfer, dan/atau mengolah Data Pribadi sebagaimana tertuang dalam kebijakan Privasi ini. (Selanjutnya dapat diartikan sebagai “Persetujuan Terekam”)

Sewaktu-waktu Pengguna dapat menarik persetujuan atas Data Pribadi dengan menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada Kami dengan disertai dengan alasan yang jelas. Selanjutnya Kami akan berhenti mengumpulkan, menggunakan atau mentransfer, menyingkap Data Pribadi Pengguna. Namun demikian, ini tidak berlaku dalam hal-hal yang diwajibkan oleh hukum atau dalam hal Kami menjalankan kegiatan usaha yang sah atau berdasarkan tujuan hukum untuk mempertahankannya. (“Penarikan Persetujuan”)

Dalam hal Pengguna menarik persetujuan atas Data Pribadinya, maka Kami dapat melakukan Penundaan dan Pembatasan pemrosesan Data Pribadi Pengguna sehingga akan mengurangi performa Layanan Kami, dalam kondisi tertentu Kami tidak dapat terus memberikan layanan kepada Pengguna dan atas hal tersebut Pengguna menyatakan setuju untuk membebaskan Kami dan tidak akan meminta pertanggungjawaban atas setiap kerugian atau kerusakan yang timbul atau terkait penghentian Layanan Kami tersebut.

Kebijakan Privasi ini merupakan versi 2.0 dan terakhir diperbaharui pada 30 September 2024.
Pemberitahuan Perubahan Kebijakan Privasi